Senin, 15 April 2013

TEKNIK-TEKNIK SUPERVISI PENDIDIKAN

No
Jenis Pembinaan
Teknik Supervisi
Tujuan
Kelebihan
Kelemahan
1
Kunjungan kelas
Observasi PBM di kelas oleh Penilik, / Kepala Sekolah
Mengetahui cara mengajar guru melaksanakan PBM
Dapat mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan
Guru merasa canggung dan kurang bebas
2
Pertemuan Pribadi
Penilik / Kepala Sekolah bertatap muka langsung dengan guru
Bantuan khusus
Berdialog langsung, lebih terarah
Agak sulit menemukan waktu
3
Rapat Staf
Sekolah bertatap muka langsung dengan guru
Bantuan Umum
Bantuan diberikan kepada seluruh guru dalam satu kali pertemuan, pertukaran pikiran secara umum
Agak sulit menentukan dan cukup menyita waktu
4
Kunjungan antar kelas
Guru dari salah satu kelas mengunjungi kelas lain dalam satu sekolah
Mengetahui cara guru lain dalam KBM dan pengelolaan kelas
Hal-hal yang baik dapat dijadikan contoh, hal yang kurang dapat didiskusikan
Mengganggu kelas lain dalam KBM, kelas sendiri ditinggalkan
5
Kunjungan sekolah
Oleh Penilik / Kepala sekolah
Mengetahui keadaan sebenarnya
Dapat memberikan bimbingan aktual
Kurang demokratis
Dengan pemberitahuan
Guru mengetahui maksud dan tujuan kunjungan
Guru dapat menunjukan hasil usahanya
Tidak mencerminkan keadaan sehari-hari
Undangan
Guru ingin diketahui kebrhasilannya
Dapat melayani kebutuhan khusus setempat
Perlu penyediaan waktu yang tepat
6
Kunjungan antar sekolah
Guru dari sekolah lain dikunjungi oleh suatu sekolah
Mengetahui KBM di sekolah lain serta pengelolaan kelas dan sekolahnya
Dapat mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan
Perlu biaya yang banyak, waktu yang tepat, sekolah jadi kurang efektif.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting