No
|
Jenis Pembinaan
|
Teknik Supervisi
|
Tujuan
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
1
|
Kunjungan
kelas
|
Observasi PBM
di kelas oleh Penilik, / Kepala Sekolah
|
Mengetahui
cara mengajar guru melaksanakan PBM
|
Dapat
mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk
perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan
|
Guru merasa
canggung dan kurang bebas
|
2
|
Pertemuan
Pribadi
|
Penilik /
Kepala Sekolah bertatap muka langsung dengan guru
|
Bantuan
khusus
|
Berdialog
langsung, lebih terarah
|
Agak sulit
menemukan waktu
|
3
|
Rapat Staf
|
Sekolah
bertatap muka langsung dengan guru
|
Bantuan Umum
|
Bantuan
diberikan kepada seluruh guru dalam satu kali pertemuan, pertukaran pikiran
secara umum
|
Agak sulit
menentukan dan cukup menyita waktu
|
4
|
Kunjungan
antar kelas
|
Guru dari
salah satu kelas mengunjungi kelas lain dalam satu sekolah
|
Mengetahui
cara guru lain dalam KBM dan pengelolaan kelas
|
Hal-hal yang baik dapat dijadikan contoh,
hal yang kurang dapat didiskusikan
|
Mengganggu
kelas lain dalam KBM, kelas sendiri ditinggalkan
|
5
|
Kunjungan
sekolah
|
Oleh Penilik
/ Kepala sekolah
|
Mengetahui
keadaan sebenarnya
|
Dapat
memberikan bimbingan aktual
|
Kurang
demokratis
|
Dengan
pemberitahuan
|
Guru
mengetahui maksud dan tujuan kunjungan
|
Guru dapat
menunjukan hasil usahanya
|
Tidak
mencerminkan keadaan sehari-hari
|
||
Undangan
|
Guru ingin
diketahui kebrhasilannya
|
Dapat
melayani kebutuhan khusus setempat
|
Perlu
penyediaan waktu yang tepat
|
||
6
|
Kunjungan
antar sekolah
|
Guru dari
sekolah lain dikunjungi oleh suatu sekolah
|
Mengetahui
KBM di sekolah lain serta pengelolaan kelas dan sekolahnya
|
Dapat
mengetahui kelebihan yang dapat dikembangkan, mengetahui kelemahan untuk
perbaikan, memberikan saran sesuai dengan kebutuhan
|
Perlu biaya
yang banyak, waktu yang tepat, sekolah jadi kurang efektif.
|
0 komentar:
Posting Komentar